Jumat, 18 November 2011

Menghilangkan Mata Merah Pada Foto dengan Photoshop


Anda tentunya pernah mengalami kejadian mata merah pada foto, mata merah ini terkadang disebut juga dengan redeye, apa penyebab redeye
Mata merah atau redeye disebabkan oleh lingkungan yang gelap pada saat pengambilan foto, ketika lingkungan gelap secara otomatis pupil yang terdapat pada mata akan melebar untuk menangkap lebih banyak cahaya, nah ketika kondisi pupil melebar inilah blitz atau cahaya dari kamera masuk kedalam mata kemudian memantulkan warna pembuluh darah dibalik mata sehingga redeye muncul pada foto anda.
Menghilangkan mata merah dapat dilakukan dengan mengunakan photoshop, meskipun sudah banyak camera yang menyediakan fitur 2x blitz, blitz pertama untuk membuat mata menjadi silau sehingga pupil mengecil kemudian blitz kedua barulah foto diambil sehingga meminimalisir mata merah namun menghilangkan mata merah pada foto dengan photoshop tentunya menjadi pilihan jika ternyata camera yang dimiliki tidak dilengkapi dengan fitur tersebut, simak caranya.
Buka program Adobe Photoshop lalu tekan CTRL + O untuk membuka foto. Pilih redeye tool pada toolbox (kumpulan alat sebelah kiri).

Mata Merah
Red Eye Tool
Atur ukuran pupil, jika lingkaran mata kecil maka perkecil juga ukuran pupil melalui option bar (baris atas) dan jika lingkaran mata besar maka perbesar juga pupil size nya.
Mengatur Ukuran Pupil
Klik 1x pada area foto tepat diatas (tengah) lingkaran mata. Sim salabim redeye hilang tanpa bekas.
Klik Matanya
Hasil Akhir
Demikian cara menghilangkan mata merah dengan photoshop, semoga bermanfaat & nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar